Subscribe:

Labels

tkj

Jumat, 07 Maret 2014

karya ilmia



KARYA ILMIAH

“DAMPAK POLUSI TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP”






OLEH: PRAMUDIAH
KELAS:XI TKJ 3

SMK N 2 TELUK KUANTAN
(RSBI)

TP.2012/2013


KATA PENGANTAR

          Syukur Alhamdulillah saya ucapkan kepada allah swt karena atas rahmat dan hidayahnya saya dapat menyelesaikan karya tulis ini dengan baik.

            Karya tulis ini berjudul “DAMPAK POLUSI TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP” ini bertujuan untuk memenuhi dan melengkapi tugas pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas XI pada SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 TELUK KUANTAN

            Dalam menyelesaikan karya tulis ini,penulis banyak menerima dukungan dan bantuan dari banyak pihak karenanya penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.    Kepala sekolah SMKN2 TELUK KUANTAN Drs.Arman Yulis ,MM.
2.    Guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Ibu. Irfah Ratni
3.    Orang tua yang sangat saya hormati dan saya sayangi
4.    Serta teman-teman seperjuangan dengan saya

Penulis menyadari masih banyak terdapat kesalahan dan kehilafan dalam mebuat karya tulis ini,untuk itu kritik, saran, dan bimbingan para pembaca semua sangat dibutuhkan demi kesempurnaan karya tulis ini.



                                                                                                        Penulis






DAFTAR ISI

                                                                                                                        Halaman
Kata Pengantar                                                                                                                i
Daftar Isi                                                                                                                           ii
            BAB    I   PENDAHULUAN                                                                                1
1.1  Latar belakang masalah …………………………………            ……1
1.2  Rumusan masalah …………………………………………..   2
1.3  Tujuan…………………………………………………………   
1.4  Manfaat………………………………………………………… 
            BAB   II  DAMPAK POLUSI TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP
2.1 Pengertian dan jenis polusi…………………………………..   3
2.2 Polusi dan factor penyebabnya………………………………  4
2.3 Dampak polusi terhadap lingkungan………………………… 5

BAB III   KEBIJAKAN PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN POLUSI
3.1 Tindakan pencegahan polusi………………………………… 6
3.2  Tindakan Penaggulangan polusi……………………………  7
3.3 Peningkatan Upaya Pencegahan
 Dan Penaggulangan Polusi………………………………….. 8
            BAB IV   PENUTUP
4.1  Kesimpulan……………………………………………………   9
4.2  Saran…………………………………………………………  .10
Daftar Pustaka                                                                                                                     iii



                                                                        i



BAB 1
  PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

Polusi sudah sangat memberikan dampak yang besar bagi mahluk hidup dan lingkungan. Bahkan sampai sekarang dampak polusi semakin besar dan menyebar luas sehingga dampaknya juga mengakibatkan rusaknya lapisan luar bumi seperti lapisan ozon.Dan banyaknya penyakit juga sangat erat kaitannya dengan dampak polusi
Pada kenyataannya sudah banyak sekali hal-hal yang dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi masalah polusi ini.namun semua itu masih belum cukup baik untuk membuat polusi dapat ditanggulangi.

Polusi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis polusi dibedakan berdasarkan pada tempat terjadinya dan bahan pencemarnya.berdasarkan tempat terjadinya ,polusi dapat dibedakan menjadi tiga yaitu polusi udara, air, dan tanah.
Polusi udara adalah adanya satu/lebih substansi kimia, biologi, atau fisik yang membahayakan mahluk hidup.polusi air adalah adanya bahan kimia, materi biologis dan fisik didalam air yang menyebabkan turunnya kualitas mahluk hidup,baik didalam air ataupun yang mengkonsumsinya.polusi tanah adalah tercemarnya permukaan tanah yang disebabkan oleh industry komersial,kegiatan domestic dan lain sebagainya.

Factor-faktor yang dapat menyebabkan polusi dapat ditinjau dari beberapa factor.terbagi ats dua factor yaitu factor alami dan factor manusia.faktor alami adalah factor yang timbul akibat ketidaksengajaan atau terjadi melalui prose salami.faktor manusia adalah factor yang timbul akibat perbuatan tangan manusia yang didalamnya terdapat unsure kesengajaan.akibat dari semua factor itulah polusi makin lama makin besar dan dampaknya tidak dapat dihentikan lagi.


                                                                  1
Peraturan pemerintah untuk menanggulangi polusi pada dasarnya sudah sangat banyak dilakukan diantaranya:
1)    Diatur dalam pasal 145 UNCLOS Tahun 1982 memuat tentang peraturan-peraturan pelestarian lingkungan laut dan pencegahan pencemaran air.
2)    Diatur dalam pasal 212 memuat tentang peraturan-peraturan untuk menanggulangi polusi
3)    Pasal 207 ayat (c) “setiap Negara berkewajiban untuk membuat UU/aturan-aturan untuk mencegah, mengurangi, dan mengawasi polusi lingkungan laut dan sumber-sumber dari darat.
Adapun upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan polusi sudah dilakukan seperti:
1)    Secara administratif
Adalah pencegahan polusi yang dilakukan oleh pemerintah dengan cara mengeluarkan kebijakan atau peraturan yang berhubungan dengan lingkungan hidup.contohnya dengan mengeluarkan undang-undang.

2)    Secara teknologis
Cara ini ditempuh dengan mewajibkan pabrik memiliki unit pengolahan limbah sendiri

3)    Secara educative
Dengan melakukan penyuluhan kepada masyarakat





















1.2  rumusan masalah

dari latar belakang diatas,maka didapat rumusan masalahnya sebagai berikut:

1.2.1     Bagaimanakah dampak polusi terhadap lingkungan hidup?
1.2.2     Bagaimanakah cara mencegah polusi terhadap lingkungan hidup?
1.2.3     Bagaimanakah menanggulangi polusi terhadap lingkungan hidup?


1.3  tujuan
Adapun tujuan dari karya tulis ini adalah:


1.3.1     agar kita semua menyadari bahwa hingga sekarang masalah polusi masih belum dapat tertangani dengan baik. Dan untuk mengingatkan kepada kita semua agar dapat berpartisipasi dalam pencegahan dan penaggulangan polusi yang sudah merajalela disekitar kita.
1.3.2     Supaya nantinya setelah selesai membaca karangan ini pembaca dapat mengambil informasi tentang bagimana seharusnya menangani polusi ataupun mengetahui dampaknya yang sangat besar bgi kehidupan

1.4  Manfaat
Sedangkan manfaatnya dari karya tulis ini adalah:


1.4.1     kita semua dapat bersama-sama untuk mencegah dan menanggulangi polusi
1.4.2     kita dapat mengantisipasi dampak dari polusi tersebut
1.4.3     bersama-sama menghentikan perbuatan penambahan polusi.
1.4.4     Berusaha menghindari dampak dari polusi sebelum kita terkena dampak tersebut yang akan membuat kita menyesal dikemudian hari.









                                                                  2

BAB II
DAMPAK POLUSI TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP
2.1 Pengertian dan jenis-jenis polusi
Polusi dan pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya mahluk hidup, zat energy, atau komponen lain kedalam lingkungan,atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ketingkat tertentu menyebebkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukkannya.(undang-undang pokok pengelolaan lingkungan Nomor 4 Tahun 1982)

Pertumbuhan polusi kota dan tingkat industrilisasi yang tidak terhindari akan mengarah kepada kebutuhan energy yang lebih besar ,pada umumnya akan menghasilkan pembuangan pembakaran limbah atau zat pencemar lebih banyak.pembakaran bahan bakar fosil, asap kendaraan bermotor,merupakkan sumber zat pencemar.
Pada pencemaran tanah mempunyai hubungan erat dengan pencemaran udara dan air, maka sumber pencemar udara dan tanah pada umumnya juga merupakkan sumber pencemar tanah.pada pencemaran air dapat kita lihat bahwa hingga kini kualitas air didunia termasuk insonesia semakin memburuk. Penyediaan air diindonesia sangat terbatas, selain itu akses ke air bersih berkurang karena tingkat polusi yang meningkat menjurus pada kerusakan lingkungan maupun peningkatan masalah kesehatan
            Polusi juga dapat diartikanmasuknya kontaminan kelingkungan. Polusi disebabkan oleh limbah industry dan komersial, praktek pertanian, aktivitas manusia dan lain-lain.kemanapun kita pergi dan apapun yang kita lakukan ada sisa-sisa dari polusi, yang menyebabkan pengaruh buruk pada setiap mahluk hidup dalam suatu lingkungan sehingga hamper mustahil untuk mempertahankan hidup.sehingga dapat dikatakan bahwa polusi adalah suatu hal yang dapat merugikan lingkungan bumi dan penduduknya.





                                                                        3
Jenis-Jenis polusi
            Polusi dapat dibedakan berdasarkan pada tempat terjadinya dan bahan pencemarnya.
1.    Polusi berdasarkan tempat terjadinya
Berdasarkan tempat terjadinya polusi dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu polusi udara, air, dan tanah

a)    Polusi udara
Polusi udara adalah adanya salah satu atau lebih substansi kimia. Biologi, atau fisik di atmosfer dalam jumlah melebihi keadaan normal yang dapat membahayakan manusia maupun mahluk lainnya.polusi udara dapat terjadi dimana sehingga yidak mengenal tempat

Sumber-sumber polusi udara diantaranya :

a.    pembakaran batu bara,hujan asam,asap tembakau,kebakaran,senjata nuklir dan lain-lain
Namun secara keseluruhan sumber yang paling banyak menyebabkan polusi udara adalah pemakaian bahan bakar fosil pada kendaraan.

b)    Polusi air
Polusi air adalah masuknya bahan kimia, materi biologis, dan fisik kedalam air yang menurunkan kualitas hidup mahluk didalamnya, maupun yang menkonsumsi air tersebut.

Sumber-sumber polusi air diantaranya:

a.    Pertambangan,tumpahan minyak dilaut,kilang minyak,rumah tangga kimia,dan lain sebagainya.
Sampah organic yang dibuang ke perairan mengalami pembusukkan oleh bakteri dapat menyebabkan kadar oksigen dala air menjadi berkurang.hal ini juga dapat mengganggu aktivitas organisme  air.

c)    Polusi tanah
Polusi tanah adalah polusi dari permukaan tanah yang disebabkan oleh industry,komersial,kegiatan domestic,dan pertanian.


Sumber-sumber polusi tanah:
a. Kimia dan nuklir tanaman, pertambangan,kontruksi puing, kotoran manusia, dan lain-lain.serta pembuangan sampah.
2.2 Faktor-Faktor yang menyebabkan polusi.
            Factor-faktor yang menyebabkan polusi terbagi menjadi dua yaitu:
·         Factor manusia
·         Factor alami
-faktor-faktor yang menyebabkan polusi udara.
·         manusia:
- aktivitas industry
- Kegiatan transportasi
- manufaktur bangunan
- senjata nuklir
- asap tembakau dan lain-lain.

·         Alami:
- Letusan gunung berapi
- Kebakaran hutan
-faktor-faktor yang menyebabkan polusi air.
·         Manusia:
- pertambangan
- tumpahan minyak
- kilang minyak
- gagal system septic
 -rumah tangga kimia

-faktor-faktor yang menyebabkan polusi tanah
-Sampah yang sukar hancur
-limbah rumah tangga
-pertambangan
-deforestasi
-Konstruksi puing
-kotoran manusia
-minyak dan antibeku pada mobil
-industri pabrik
Selain factor-faktor diatas masih banyak lagi factor yang dapat menyebabkan terjadinya polusi.

                                                                        4
2.3 Dampak Polusi Terhadap Lingkungan Hidup.
A.Dampak polusi udara terhadap lingkungan

o   Dampak terhadap tanaman.
Tanaman yang tumbuh didaerah yang tingkat polusi udaranya tinggi dapat mengganggu pertumbuhan tanaman tersebut.selain itu, tanaman rawan akan penyakit seperti klorosis, nekrosis, dan bintik hitam.partikulat yang menutupi permukaan daun akan menghambat proses fotosintesis.dampak gas sulfur dioksida(SO 2) terhadap tanaman dapat menimbulkan pemucatan pada bagian antara tulang atau tepi daun.emisi fluorin,sulfur dioksida dan ozon mengakibatkan gangguan proses asimilasi pada tumbuhan.
o   Hujan asam
Polusi udara akan mengancam lingkungan dan mahluk hidup.polutan diudara dapat menyebabkan terjadinya hujan asam.hujan asam adalah istilah gambaran turunnya asam dari atmosfer kebumi dalam keadaan basah.namun sebenarnya gas dan partikel yang mengandung asam juga dapat mengalami dekomposisi yang kering.

Sedangkan dampak dari hujan asam itu sendiri adalah:
`-hujan asam akan merusak tanaman karena tingkat keasaman tanah dan air menjadi tinggi.
-hujan asam mempengaruhi kualitas air dipermukaan,air dipermukaan menjadi asam manusia dan hewan tidak dapat bertahan terhadap air yang mempunyai kadar keasaman yang tinggi.
-hujan asm dapat melarutkan logam-logam berat yang terdapat dalam tanah sehingga mempengaruhi kualitas air tanah dan air permukaan.
-hujan asam bersifat korosif sehingga dapat merusak material bangunan.

o   Efek rumah kaca.
Bumi memperoleh energy utama berasal dari matahari.energi dari matahari mengenai bumi dan berubah dari energy cahaya menjadi energy panas,akibatnya energy tersebut akan menghangatkan bumi.atmosfer bumi mengandung gas-gas,antara lain karbon dioksida,metana,ozon,CFC,dan nitrogen dioksida.gag-gas tersebut menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan oleh bumi.akibatnya, panas aka terperangkap di permukaan bumi.

                                                5
B. dampak polusi air terhadap lingkungan.

·         Dampak polusi air karena buangan industry
Salah satu contoh dampak polusi air karena buangan industry adalah limbah merkuri (Hg).mercuri biasanya digunakan dalam proses penambangan emas.sisa penambangan emas yang dibuang ke perairan dapat menyebabkan air tercemar oleh merkuri.merkuiri masuk kedalam rantai makanan organism air yang akan berdampak pada kesehatan manusia

·         Dampak polusi air karena pembusukkan sampah organic.
Sampah organic mengalami pembusukkan karena adanya bakteri pengurai.penguraian akan mengakibatkan kadar oksigen dalam air menjadi berkurang dan menyebabkan gangguan pada organisme air.

·         Dampak polusi air karena pemakaian bahan agrokimia
Pemakaian pupuk dan pestisida dapat menyebabkan pencemaran air.selain itu fosfat dan nitrogen hasil samping pemakaian pupuk akan menyebabkan eutrofikasi yang menyebabkan pertumbuhan alga dengan cepat.akibatnya akan mengganggu kelangsungan hidup organism air seperti terhambatnya proses fotodintesis.

·         Dampak polusi karena tumpukkan minyak diperairan
Kecelakaan kapal tanker menyebabkan tumpahan minyak diperairan,yang akan menyebabkan keracunan dan kematian organism akuatik dan mengganggu ekosistem perairan secara ekologis.

·         Dampak polusi terhadap terumbu karang
Polusi yang bersumber dari darat, termasuk limbah industry, limbah cair, dan sisa bahan kimia pertanian  mengancam terumbu karang.

C. Dampak polusi tanah bagi lingkungan.
Penyebab polusi tanah adalah bahan yang sukar hancur dan bahan agrokimia.hal itu akan dapat mengurangi estetika tanah dan lingkungan,seperti lingkungan yang kumuh.pemanfaatan bahan agrokimia yang berlebihan untuk meningkatkan hasil pertanian,justru akan merusak lingkungan dan hilangnyab lapisan tanah yang mengandung nutrisi





BAB III
Kebijakan Pencegahan Dan Penaggulangan Polusi

3.1 Tindakan Pencegahan Polusi (prefentif)
Berikut ini adalah berbagai cara untuk pencegahan polusi:

Cara mencegah pencemaran air:
ü  Gunakan air dengan bijaksana
ü  Kurangi penggunaan detergent
ü  Kurangi konsumsi obat-obat kimia
ü  Kurangi penggunaan bahan-bahan yang sulit terurai
ü  Mananam pohon
ü  Menggalakkan industry daur ulang
ü  Pengolaan limbah pada industry rumah tangga
                     Cara mencegah polusi tanah:
ü  Menepatkan daerah industry jauh dari pemukiman
ü  Pembuangan limbah industry diatur sehingga tidak mencemari lingkungan
ü  Memperluas gerakan penghijauan
ü  Tindakan tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan
ü  Melakukan intensifikasi pertanian
ü  Jangan menggunakan pestisida
ü  Beli produk yang memiliki kemasan kecil
ü  Gunakan produk biodegradable
ü  Makanlah makanan organic yang tumbu tanpa pestisida.

                     Cara mencegah polusi udara:
ü  Jangan merokok
ü  Jangan menggunakan cairan pembersih kimia keras yang dapat memancarkan asap
ü  Selalu mengganti filter udara pada mobil
ü  Jangan membeli produk yang berasal dari kemasan kaleng semprot aerosol
ü  Hindari menggunakan cairan ringan
ü  Sebisa mungkin gunakanlah kendaraan yang ramah lingkungan yang tidak menggunakan bahan bakar fosil.

                                                                        6
3.2 tindakkan penanggulangan polusi (kuratif)
Berikut ini adalah tindakan yang dilakukan untuk penanggulangan polusi
            Penanggulangan polusi air:
                        1.program pengendalian pencemaran dan pengrusakkan lingkungan
ü  Mengurangi beban pencemaran badan air oleh industry dan domestic
ü  Mengurangi beban emisi dari kendaraan bermotor dan industry
ü  Mengawasi pemanfaatan B3
ü  Mengembangkan produksi yang lebih bersih.

2.program rehabilitasi dan koservasi SDA dan lingkungan hidup

ü  Mengoptimalkan pelaksanaan rehabilitasi lahan kritis
ü  Menanggulangi kerusakkan bekas pertambangan
ü  Meningkatkan konservasi air bawah tanah
ü  Rehabilitasi dan konservasi keanekaragaman hayati
Penaggulangan polusi tanah:
1.remidasi
            Adalah kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar
            2.bioremidasi
Adalah proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme
            Penanggulangan polusi tanah:
ü  Membatasi penggunaan bahan bakar yang menghasilkan CO
ü  Menerapkan program penghijauan di kota-kota untuk mengurangi pencemaran
ü  Memilih lokasi pabrik dan industry yang jauh dari keramaian dan pada tanah yang kurang produktif.
ü  Gas-gas buangan pabrik perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum dilepaskan keudara bebas
Pembersihan dapat menggunakan alat tertentu misalnya cotrell yang berfungsi untuk menyerap debu.





                                                7

3.3 Peningkatan Upaya Pencegahan Dan Penaggulangan Polusi.

Sumber-sumber pencemaran khusunya  udara pada umumnya berasal dari udara ruangan seperti asap rokok,pembakarn asap dapur,bahan baku ruangan,dan lain sebaginya yang dibatasi oleh ruangan.

Hal ini dapat dicegah dengan menggunakan:
1.ventilasi yang sesuai yaitu,
ü  Usahakan polutan yang masuk keruangan seminimal mungkin
ü  Tempatkan alat pengeluaran terdekat dengan sumber pencemaran
ü  Usahakan menggantikan udara yang keluar dari ruangan sehinggan udara yang mauk kedalam ruangan sesuai dengan kebutuhan.
2.filtrasi
ü  Memasang filter dipergunakkan dalam ruangan dimaksudkan untuk menagkap polutan dari sumbernya dan polutan dari udara luar ruangan.
ü  Pembersihan udara secara elektronik
Udara yang mengandung polusi dilewatkan melalui alat ini sehingga udara didalamnya sudah berkurang polutannya atau disebut bebas polutan
3.membuat program langit biru
ü  Kepedulian terhadap lingkungan yang menyangkut kesadaran terhadap pencemaran udara dapat dilakukan dengan kegiatan program langit biru dan udara bersih langkah yang dilakukan yaitu, dengan cara melakukan pengukuran kualitas udara ambeien dan uji emisi gas buang kendaraan bermotor.daro hasil yang diperolehdapat dilakukan selanjutnya yang berhubungan dengan pencemaran udara.
4.menggalangkan kebersihan udara
ü  Udara yang bersih akan memberikan pengaruh yang besar untuk membantu menangani polusi.dengan cara menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan,menanam pohon kembali(reboisasi),menjaga kelestarian lingkungan dan banyak hal lagi yang dapat kita lakukan agar udara dapat menjadi lebih bersih dan menjadi terbebas dari bahaya polusi.


                                   
                                                                        8
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan

Dari pembahasan tentang DAMPAK POLUSI TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP dapat diambil kesimpulan bahwa polusi sangat menimbulkan dampak berbahaya yang sangat besar tidak hanya bagi mahluk hidup namun bagi lingkungan hidup.juga dapat disimpulkan bahwa factor yang paling banyak menimbulkan polusi adalah factor manusia.
polusi dapat dikelompokkan berdasarkan tempat dan bahan pencemarnya,polusi udara disebabkan oleh kegiatan industry,rumah tangga dan transportasi.bahan pencemar udara terbagi menjadi polutan primer dan polutan sekunder.kepedulian terhadap lingkungan menyangkut kesadaran terhadap pencemaran udara dapat dilakukan dengan kegiatan program langit biru dan udara bersih.
Sumber dan jenis polutan air adalah kotoran rumah tangga.limbah industry,dan pengaliran pertanian.selain itu penyimpanan bahan kimia yang tidak tepat dan penggunaan bahan agrokimia semakin memberikan peluang terjadinya pencemaran air
.pembuangan limbah domestic dan rumah tangga seperti detergent tidak dapat terurai dalam keadaan biasa.penggunaan limbah industry mengandung Pb,Hg, dan Zn serta bahan berbahaya lainnya dapat mencemari perairan dan terakumulasi pada mahluk hidup dan bersifat racun.
Bahan pencemar dilaut berasal dari tumpahan minyak bumi akibat kecelakaan kapal tanker,minyak bumi yang yumpah akan mengakibatkan terganggunya ekositem laut.
sehingga dapat disimpulkan bahwa apapun jenis polutannya,dimanapun polutan itu semuanya memiliki dampak yang sangat besar tidak hanya bagi kesehatan juga bagi lingkungan hidup.untuk itu marilah kita sama-sama mencoba untuk mengurangi dampak polusi agar tidaj semakin besar mulai dari sekarang.







                                                9

4.2 Saran.

Semakin sulitnya pencegahan dan penanggulangan polusi pada saat sekarang membuat kita semua semakin sulit untuk menanganinya,sudah berbagai cara dilakukan tapi semua itu tidak membuat perubahan yang signifikan.untuk itu kita harus berusaha lebih baik dan lebih keras agar polusi bias tertangani.
Untuk memulainya kita bias menerapkan cara-cara dari lingkungan kita masing-masing,seperti:
ü  Mebiasakan hidup sehat
ü  Tidak membuang sampah sembarangan
ü  Tidak menggunakan detergent secara berlebihan
ü  Turut serta melestarikan lingkungan
Dalam pelaksanaannya upaya pencegahan polusilah yang berperan penting.kebijakan pemerintah tentang pencegahan dan penanggulangan polusi kurang mendapat dukungan sehingga dampak polusi pun semakin sulit ditangani.
Saran penulis kepada semua pembaca adalah marilah kita sama-sama berusaha untuk membuat lingkungan yang kita tinggali menjadi nyaman dan terbebas dari polusi.kita juga dapat membantu pemerintah dalam penanggulangan polusi dengan cara mengawasi:
ü  Pemanfaatan B3
ü  Mengembangkan produksi yang lebih bersih
ü  Meningkatkan konservasi air bawah tanah
ü  Mengoptimalkan pelaksanaan rehabilitasi dn konservasi SDA dalam lingkungan hidup.
Pada dasarnya polusi tidak akan terjadi jika kita masing-masing mebiasakan hidup bersih dan sehat serta membiasakan menggunakan bahan-bahan alami yang aman dan menyehatkan serta tidak berpengaruh buruk terhadap lingkungan.
Mulailah dari sekarang kita bersama-sama menangani polui=si agar kita semua tidak terkena dampak yang merugikan.







                                                10

                                  Daftar pustaka

Sutrisno,2006,judul IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) modul 2,sukabumi;yudhistira
http:/id,svoohing,com/exact-sciences/earth sciences 2011 496-semua-hal-tentang-polusi/#ixzziayevavi
http://lasonearth wordpress.com/makalah-makalah pencemaran tanah
Lampiran peraturan pemerintah republic Indonesia no.18 tahun 1992 tanggal 27 februari 1999.daftar limbah B3 dari sumber spesifik.







           
                                                iii

0 komentar:

Posting Komentar