Subscribe:

Labels

tkj

Rabu, 16 Mei 2012

macam macam awan

kali ini pram akan memasuk kan posting tentang awan.


1.     KELOMPOK AWAN TINGGI(KETINGGIAN 6-12 KM,DITANDAI DGN KATA SIRO ATAU SIRUS )

    a)      SIRUS
      Awan sirus berwarna putih tipis di siang hari dan mengkilat karena banyak mengandung kristal es.Awan sirus sering berwarna merah atau kuning cerahmenjelang dan saat mata hari tebit atau setelah matahari terbenam.

    b)    SIROKUMULUS
     Awan sirukumulus berbentuk gumpulan-gumpulan kecil dan tampak seperti sisik ikan.awan sirokumolus relative jarang muncul dan selalu bergabung dengan awan sirus atau sirostatus.

    c)     SIROSTATUS
    Awan sirostatus berwarna putih tipis dan tampak seperti tirai kelambu yang sangat halus.oleh karena itu,awan sirostatusmdapat membuat langit seperti susu atau memperlihatkan susunan berserat.


2.     KELOMPOK AWAN SEDANG(KETINGGIAN 2-6 KM,DITANDAI DENGAN KATA ALTO)

     a)    ALTOKUMOLUS
    Awan alto kumolus berwarna putih atau kelabu dan tampak seperti gumpalan kapas pipih.altokumolus terdiri daritetes air,tetapi pada suhu yang rendah dapat berbentuk Kristal es.

     b)    ALTOSTRATUS
    Awan altostratus berlapis-lapis seperti pita dab berwarna kelabu.jika terkena matahari atau bulan tidak akan menimbulkan bayangan.

   
3.     KELOMPOK AWAN RENDAH(KETINGGIAN 0,8-2 KM DITANDAI DENGAN KATA STRSTO)

    a)    Stratokumulus
   Awan stratocumulus bergumpal-gumpal lembut dan berwarna abu-abu.stratokumulus terdiri atas tetes awan dan kadang-kadangmengandung tetes hujan.

     b)    Stratus
   Awan stratus terlihat berlapis-lapis seperti kabut tipis.jika awan stratus melewati cahaya mata hari atau bulan,garis bentuk matahari dan bulan dapat dilihat.

     c)     Nimbostratus
   Awan nimbostratus merupakan lapisan awan rendah berwarna abu-abu gelap,tidak berbentuk dan tidak terlihat basah.


     4.     KELOMPOK AWAN DENGAN PERKEMBANGAN  VERTIKAL

a)    Kumulus
    Awan kumulus berkembang secara vertokal berbntuk kubah atau menyerupai bunga kol denngan lengkungan berwarna putih cemerlang jika terkena sinar matahari.

b)    Kumulonimbus
Awan komulonimbus berkembang secara vertical berbentuk seperti  gunung  atau menara. Pada bagian atas awan kumulonimbus berserat dan sering menyebar. Kumulonimbus mengandung tetes hujan yang besar sehingga dapat menimbulkan terjadi nya hujan secara tiba-tiba

semoga artikel ini bermanfaat pramudiah.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar